Jahe : Berbagai Manfaat Kesehatan

Jahe merupakan tanaman yang berasal dari asia tenggara dan menyebar ke berbagai negara. jahe terkenal dengan aromanya yang menghangatkan dan juga memiliki banyak manfaat. Di Indonesia sendiri jahe sudah sangat melekat dengan kehidupan masyarakatnya, jahe digunakan untuk berbagai hal seperti untuk bahan makanan, bahan minuman, dan juga bumbu sehari hari. Ada berbagai macam senyawa aktif yang terkandung didalam jahe yang membawa banyak khasiat bagi kesehatan tubuh. Dikenal dari generasi ke generasi, ini lah manfaat jahe bagi kesehatan tubuh :

  1. Menghangatkan tubuh

Manfaat jahe yang pertama adalah untuk meningkatkan suhu tubuh atau menjadi penghangat tubuh ketika kedinginan. Hal ini sudah tidak diragukan lagi, salah satu kandungan jahe yaitu gingerol terbukti dapat meningkatkan suhu tubuh. Gingerol merupakan senyawa yang mampu menimbulkan rasa pedas khas jahe pada saat meminumnya. Senyawa ini biasanya berupa minyak yang berwarna kuning pucat yang muncul ketika ditumbuk atau diperas.

  1. Sebagai anti inflamasi

Tidak hanya untuk menghangatkan tubuh, jahe juga sebagai anti inflamasi dan mengurangi rasa sakit. Senyawa aktif yang bertangung jawab pada manfaat ini masih dipegang oleh senyawa gingerol, sebuah penelitian yang dilakukan oleh National Center for Biotechnology Information menyebut bahwa gingerol terbukti sebagai anti inflamasi, gingerol juga terbukti memiliki khasiat sebagai antioxsidan yang baik bagi tubuh.

  1. Mengatasi berbagai masalah pencernaan

Jahe juga digunakan sebagai obat untuk mengatasi berbagai masalah pencernaan. Senyawa aktif phenolic yang terkandung dalam jahe terbukti dapat mengatasi berbagai masalah pencernaan. Phenolic memiliki ini fungsi untuk meredakan gejala iritasi gastrointestinal, mencegah terjadinya kontraksi pada perut dan membantu pergerakan makanan dan minuman yang berada di saluran pencernaan. Selain phenolic, jahe juga mengandung kandungan sebagai carminative. Carminative merupakan suatu substansi yang dapat membantu mengeluarkan gas berlebih dalam sistem pencernaan.

  1. Sebagai pereda rasa sakit

Sebuah studi yang dilakukan oleh the University of Georgia membuktikan bahwa jahe dapat mengurasi rasa nyeri pada otot hingga 25%. Jahe juga terbukti dapat mengurangi rasa sakit dysmenorrhea, yaitu rasa sakit yang dirasakan kaum hawa ketika menstruasi.

  1. Mengatasi masuk angin dan flu

Jahe dapat digunakan pula untuk mengatasi masuk angin dan flu. Selain kandungannya yang dapat menimbulkan rasa hangat, jahe juga merupakan bahan makanan yang mengandung diaphoretic  dapat memicu keluarnya keringat  sehingga dapat mengurangi rasa kedinginan dan lemas yang disebabkan oleh masuk angin dan flu.

  1. Sebagai pencegah kanker

Penelitian yang diterbitkan oleh cancer prevention research journal melaporkan bahwa suplemen jahe dapat mengurangi resiko kanker.Jahe juga terbukti dapat mengatasi inflamasi yang disebabkan oleh osteoarthritis.

  1. Mengurangi kolesterol

Sebuah artikel yang diterbitkan oleh British Journal of Nutrition menyebutkan bahwa jahe juga dapat mengurangi kolersterol, menurunkan resiko pembuluh darah tersumbat dan membantu menjaga tekanan gula dalam darah. Meskipun belum ada penelitian lebih lanjut namun jika terbukti jahe juga dapat menjadi pengobatan untuk penyakit jantung dan diabetes.

Itulah berbagai manfaat kesehatan yang terdapat dalam kandungan jahe. Banyak penelitian yang meneliti akan kandungan jahe ini, dan sudah terbukti pula bahwa jahe sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh maupun mengatasi masalah kesahatan yang ringan hingga yang berat sekalipun.

1 Comment

  1. avatar
    John Doe
    7:29 am - June 14, 2017 / Reply

    Great photography is an art form. So when you start considering beautiful imagery as a key component of a great design, your website will naturally become a work of art.

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *