Manfaat Temulawak Bagi Kesehatan

Memiliki nama latin Curcuma xanthorrhiza Rox, temulawak sudah sangat terkenal di Indonesia bahkan di dunia mampu menambah cita rasa masakan dan juga memilki berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh. Manfaat temulawak sudah dirasakan dan dibuktikan sejak jaman dahulu kala dalam berbagai obat tradisional, dalam temulawak bagian yang paling memiliki banyak manfaat adalah bagian batang dan akarnya. Untuk lebih mengetahui apa saja manfaat temulawak bagi kesehatan tubuh ini lah penjelasan tentang berbagai macam manfaat temulawak bagi kesehatan tubuh :

  1. Meningkatkan nafsu makan

Sudah tidak asing lagi bagi kita bahwa temulawak dapat meningkatkan nafsu makan baik untuk anak anak. Masa pertumbuhan anak anak harus sangat diawasi agar tercukupi kebutuhan gizinya dan pertumbuhannya juga baik. Oleh karena itu memiliki nafsu makan yang baik sangat disarankan untuk anak anak, dengan meminum temulawak anak anak yang memilki nafsu makan yang buruk dan mulai membaik.

  1. Meningkatkan fungsi ginjal

Temulawak juga dapat meningkatkan fungsi ginjal dalam menyaring darah dari racun hinga sisa sisa metabolisme tubuh. Kandungan minyak asiri yang ada dalam temulawak yang terbukti dapat menstimulasi ginjal dan meningkatkan fungsi ginja dalam menyaring racun dan sisa sisa metabolisme tubuh.

  1. Mengatasi masalah pencernaan

Masalah pencernaan adalah masalah yang dapat datang kapan saja, beberapa masalah pencernaan seperti diare, kembung hingga dispepsia dapat diobati dengan temulawak. Sebuah penelitian dalam journal Clinical Gastroenterology and Hepatologi  memungkapkan, bahwa dengan mengonsumsi temulawak secara teratur, dapat menyembuhkan berbagai masalah pencernaan diatas. Temulawak juga dapat mengatasi sindrom iritasi usus besar atau irritable bowel syndrome, penyakit liver dan gangguan kantong empedu.

  1. Mencegah kanker

Selain mengatasi masalah kesehatan yang ringan, temulawak juga dapat mencegah penyakit yang tergolong berat seperti kanker. Penelitian lain yang dilakukan oleh University of Maryland Medical Center menyebutkan bahwa nutrisi di dalam temulawak bisa membunuh perkembangan sel kanker dengan efektif.

  1. Mengatasi mual dan nyeri haid

Masalah wanita ketika haid dan hamil adalah mengalami mual dan nyeri, masalah ini dapat diatasi dengan Temulawak. Temulawak telah terbukti ampuh dalam mengatasi mual terlebih pada keluhan morning sickness pada ibu hamil muda. Tanaman temulawak ini sangat dianjurkanbagi para ibu muda yang mengalami mualuntuk mengonsumsi ramuan dengan olahan bahan dasar temulawakuntuk mengurangi rasa mual.Kandungan dalamtemulawak yang dapat mengatasi masalah ini adalahkandungan piridoksin atau vitamin B6 di dalamnya. Selain dapat mengurangi rasa mual pada ibu hamil muda temulawak juga dapat mengurangi rasa nyeri yang dirasakan para kaum hawa ketika menstruasi. Mengonsumsi temulawakterbukti dapat meredakan rasa nyeri yang ditimbulkan saat menstruasi.

  1. Mengatasi nyeri radang sendi

Peradangan yang terjadi pada persendian sangat mengangu aktivitas sehari hari, oleh karena itu dokter sangat menyarankan pasienyang mengalami osteoarthritis atau peradangan yang terjadi pada persendianuntukmengonsumsumsitemulawak. Temulawakterbuktimampu meredakan rasa sakit pada dan kekuan pada sendi.Bahkan sebuah penelitian mengungkapkan, manfaat temulawak untuk kesehatan menunjukkan efek yang hampir sama saat penggunaan ibuprofen yang diberikan pada pasien osteoarthritis.

Nah, itu dia berbagai manfaat yang terkandung dalam temulawak. Namun disamping memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh, temulawak juga memilik efek samping jika dikonsumsi secara berlebihan. Tumbuhan ini sangat aman jika dikonsumsi dalam jangka waktu beberapa hari dan tidak melebihi batas waktu 18 minggu pengunaan secara berturut-turut. Sangat tidak dianjurkan pula untuk mengonsumsi temulawak dalam porsi besar untuk jangka waktu yang demikian lama. Hal tersebut dikhawatirkan akan berdampak pada rasa mual dan iritas pada lambung.Selain itu konsumsi temulawak bagi ibu hamil dan menyusui juga perlu untuk diperhatikan. Hal tersebut dikarenakan belum adanya penelitianmengenai dampak penggunaan temulawak secara konsumtif pada masa kehamilan dan menyusui bagi wanita.Berkenaan dengan dosis penggunaan secara konsumtif terhadap temulawaksangat bergantung pada faktor-faktor tertentu, seperti kesehatandanusia. Namun hingga saat ini belum terdapat penelitianterkait dengan takaran dosis konsumsi temulawak. Demikian beberapa penjelasan mengenai berbagai manfaat temulawak bagi kesehatan tubuh.

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *