Kunyit Dan Berbagai Manfaatnya

Kunyit adalah tumbuhan yang banyak ditemukan di Indonesia, kunyit digunakan sebagai bumbu dapur dan bahan jamu tradisional sejak jaman dahulu. Namun, selain menjadi bumbu dan bahan jamu ternyata kunyit juga memiliki banyak khasiat bagi kesehatan tubuh. Apa saja khasiat tersebut? Mari kita simak penjelasan berikut ini :

  1. Mengurangi nyeri sendi

Kunyit mampu mengurangi nyeri pada sendi atau osteoarthritis. Penyakit ini biasanya menyebabkan sendi menjadi nyeri dan kaku. Sebuah penelitian membuktikan bahwa kunyit mampu bekerja sepadan dengan ibuprofen untuk mengurangi rasa nyeri.

  • Mengobati maag dan menjaga sistem pencernaan

Selain mampu mengurangi rasa nyeri, kunyit juga mampu mengobati maag atau nyeri pada asam lambung. Sebuah jurnal pada systematic reviews, menyebutkan bahwa seseorang yang meminum ramuan dengan satu sendok kunyit terbukti memiliki sistem pencernaan yang lebih baik. Menurut penelitian yang lain, mengonsumsi kunyit juga bisa membantu mengurangi gejala perut kembung pada penderita maag. Kunyit juga digunakan sebagai obat keracunan makanan, virus, dan makanan yang tidak sehat nyatanya dapat mengakibatkan diare.Kandungan magnesium dan kalium yang terdapat pada kunyit yang terbukti dapat membantu membantu melawan dehidrasi dan menyeimbangkan cairan tubuh yang terus berkurang akibat ganguan diare.

  • Mengurangi nyeri haid

Seperti halnya tumbuhan tradisional lainnya, kunyit juga terbukti ampuh untuk mengurangi rasa nyeri ketika datang bulan. Kandungan kurkumin pada kunyit terbukti mampu mengurangi aliran masuk ion kalsium pada sel-sel epitel rahim dan mengurangi produksi prostaglandin, yaitu hormon yang menciptakan rasa sakit dan pembengkakan. Manfaat ini semakin diperkuat dengan reaksi tannin, saponin, sesquiterpenes, alkaloid, dan phlobotamin pada asam jawa yang dapat memengaruhi sistem saraf otonom dan otak. Selanjutnya, otak akan mengirimkan perintah ke tubuh untuk meredakan kontraksi rahim. Senyawa aktif yang terkandung dalam kunyit yaitu zedoaria yang dapat digunakan untuk meredakan nyeri menstruasi. Walaupun begitu, beberapa ahli dan para dokter hanya menyarankan agar kunyit ini tidak digunakan oleh wanita yang mengalami perdarahan menstruasi berat.

  • Pereda rasa nyeri

unyit memiliki sifat analgesik yang lebih baik daripada aspirin dan sebanding dengan ibuprofen karena kunyit mengandung senyawa alami yang dapat membantu menghilangkan rasa sakit.  Kunyit Ini juga digunakan untuk melindungi paru-paru pasien asma dengan menekan peradangan di bronkus yang dapat menyebabkan penyempitan saluran udara selama terapi jangka pendek. Manfaat kunyit lainnya adalah sebagai antiperadangan atau anti inflamasi, berkat kandungan diuretik yang terkandung dalam kunyit ini. Seperti yang sudah disebutkan diatas sifat diuretik zedoary juga mendukung penghapusan zat beracun yang terdapat pada tubuh terutama pada persendian.

Sampai saat ini memang belum ditemukan adanya efek samping dari penggunaan kunyit pada dosis rendah. Walau demikian, tetap saja kunyit yang dikonsumsi dalam jumlah berlebihan dapat membuat detak jantung menjadi tidak normal. Sebaiknya konsumsi kunyit dengan sewajarnya dan seperlunya ya, salam sehat.

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *